Analisis SWOT Dalam Manajemen Pemasaran Indomaret
Nama : Ujang
Saepuloh
Kelas : 3EA 18
NPM : 17216469
Sejarah Indomaret
PT.
Indomarco Prismatama (Indomaret) merupakan salah satu anak perusahaan Salim
Group yang didirikan pada tahun 1988. Awalnya indomaret membentuk konsep
penyelenggaraan gerai yang berlokasi didekat hunian konsumen dengan luas area penjualan
sekitar 200 m2. Namun seiring perjalanan waktu dan kebutuhan pasar,
Indomaret terus menambah gerai diberbagai kawasan perumahan, perkantoran,
niaga, wisata dan apartemen. Dan pada tahun 1997 perusahaan mengembangkan
bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230
gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60%
gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan
awal tahun 2017, jumlah gerai sebanyak 13.000 toko. Indomaret tersebar merata di
Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Hingga saat ini,
jumlah gerai indomaret mencapai 15.000 gerai.
Indomaret Plus Akses UI 5 sendiri
terletak di Jl. Komjen. Pol. M. Jasin No. 45C, Tugu, Cimanggis, Kota Depok,
Jawa Barat dan beroperasi mulai pukul 8
pagi hingga 10 malam. Adapun produk yang dijual untuk gerai ini berasal dari 22
pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5000 jenis produk dengan
harga yang beragam dan terjangkau sesuai dengan kualitas produknya, serta gerai
ini dilengkapi dengan fasilitas keranjang belanja, AC, CCTV serta area parkir
yang cukup luas.
VISI
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan
ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
MOTO
Mudah & Hemat
Analisis SWOT
SWOT
adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities,dan Threats. Analisis
SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk
mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang
(Opportunities) dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis,
tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir.
Analisis SWOT pertama kali
diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek
riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari
perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Komponen Dasar Analisis SWOT
Analisis SWOT memilihi 4 komponen
dasar diantaranya sebagai beriikut.
1) Strength
(Kekuatan), merupakan komponen yang menjadi
suatu bentuk karakteristik atas suatu perusahaan atau organisasi dimana mampu
memberikan keuntungan
2) Weakness (Kelemahan)., adalah komponen yang menjadi
ciri suatu kelemahan yang terdapat di suatu perusahaan atau organisasi dibandingkan
dengan yang lain.
3) Opportunities
(Peluang), adalah macam-macam peluang yang dapat
dimanfaatkan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat berkembang di
masa depan.
4) Threats (Ancaman), adalah komponen yang berbentuk ancaman dimana kemungkinan besar akan
dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang akibatnya dapat menghambat laju
perkembangan suatu perusahaan atau organisasi tersebut.
Contoh Analisis SWOT Indomaret
1) Strength
( Kekuatan )
a. Indomaret
telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional
dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
b. Investasi
franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan dengan
Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta, sedangkan
Alfamart berkisar antara 300 juta sampai 400 juta.
c. Penempatan
lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
d. Tingkat
upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga
mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
e. Pertumbuhan
frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya. (2002= 192 gerai,
2003= 312 gerai, 2004= 408 gerai)
f. Indomaret
adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap
go Internasional.
g. Indomaret
mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil
pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan
sehari-hari yaitu Indomarco.
h. Indomaret
merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan
sejak tahun 1997.
2) Weaknesses
( Kelemahan )
a. Franchise
fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret
yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Alfamart 45 juta rupiah per 5 tahun.
b. Berbagai
daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
c. Break
Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun,sedangkan Alfamart antara 3-4
tahun.
3) Opportunities ( peluang )
a. Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum
dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan
eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tersebut.
b. Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan
franchise akan semakin besar.
c. Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret
lebih dikenal dan laku di pasaran.
d. Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di
Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tumbuh subur 12,5 %.
e. Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih
cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.
4)
Threats ( Ancaman )
a. Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkah
Indomaret dalam mencari franchisee, yaitu Almafart.
b. Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual
franchise yang hampir sama. Seperti: investasi untuk Alfamart sebasar 300-400
juta. Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.
c. Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat
menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar
tertentu yang kemudian melakukan komplain.
d. Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki
franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
e. Adanya franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka
secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.
f. Timbul kekurangpercayaan dari
franchisee terhadap indomaret yang disebabkan franchisee tidak ikut campur
Sumber :
http://manajemen-strategi.blogspot.com/2011/02/strategi-inovasi-untuk-menghindari.html?m=1
https://www.akuntansilengkap.com/manajemen/komponen-faktor-serta-contoh-analisis-swot-dan-penjelasannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
Sumber :
http://manajemen-strategi.blogspot.com/2011/02/strategi-inovasi-untuk-menghindari.html?m=1
https://www.akuntansilengkap.com/manajemen/komponen-faktor-serta-contoh-analisis-swot-dan-penjelasannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
Lalu apa saja syarat menjadi francais Indomaret dan berapa minimal modalnya ?
BalasHapus