Analisis SWOT Dalam Manajemen Pemasaran Indomaret


Nama : Ujang Saepuloh
Kelas  : 3EA 18
NPM   : 17216469

Sejarah Indomaret
        PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group yang didirikan pada tahun 1988. Awalnya indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi didekat hunian konsumen dengan luas area penjualan sekitar 200 m2. Namun seiring perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai diberbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen. Dan pada tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan awal tahun 2017, jumlah gerai sebanyak 13.000 toko. Indomaret tersebar merata di Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Hingga saat ini, jumlah gerai indomaret mencapai 15.000 gerai.
       Indomaret Plus Akses UI 5 sendiri terletak di Jl. Komjen. Pol. M. Jasin No. 45C, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat dan  beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. Adapun produk yang dijual untuk gerai ini berasal dari 22 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5000 jenis produk dengan harga yang beragam dan terjangkau sesuai dengan kualitas produknya, serta gerai ini dilengkapi dengan fasilitas keranjang belanja, AC, CCTV serta area parkir yang cukup luas.
VISI
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
MOTO
Mudah & Hemat

Analisis SWOT
        SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities,dan Threats. Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)  dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis, tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir.
        Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Komponen Dasar Analisis SWOT
            Analisis SWOT memilihi 4 komponen dasar diantaranya sebagai beriikut.
1)   Strength (Kekuatan), merupakan komponen yang menjadi suatu bentuk karakteristik atas suatu perusahaan atau organisasi dimana mampu memberikan keuntungan
2)   Weakness (Kelemahan)., adalah komponen yang menjadi ciri suatu kelemahan yang terdapat di suatu perusahaan atau organisasi dibandingkan dengan yang lain.
3)  Opportunities (Peluang), adalah macam-macam peluang yang dapat dimanfaatkan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat berkembang di masa depan.
4)    Threats (Ancaman), adalah komponen yang berbentuk ancaman dimana kemungkinan besar akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang akibatnya dapat menghambat laju perkembangan suatu perusahaan atau organisasi tersebut.

Contoh Analisis SWOT  Indomaret
1)      Strength ( Kekuatan )
a.  Indomaret telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
b.   Investasi franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan dengan Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta, sedangkan Alfamart berkisar antara 300 juta sampai 400 juta.
c.      Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
d.  Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
e.   Pertumbuhan frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya. (2002= 192 gerai, 2003= 312 gerai, 2004= 408 gerai)
f.    Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap 
      go  Internasional.
g.  Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
h.     Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.

2)      Weaknesses ( Kelemahan )
a.    Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Alfamart 45 juta rupiah per 5 tahun.
b.      Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
c.      Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun,sedangkan Alfamart antara 3-4 tahun.

3)      Opportunities ( peluang )
      a.    Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba                       Indomaret dapat lebih mudah melakukan eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tersebut.
      b.   Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
      c.   Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
      d.   Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin                tumbuh subur 12,5 %.
      e.    Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal           mungkin.

4)      Threats ( Ancaman )
      a.    Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkah Indomaret dalam mencari franchisee, yaitu Almafart.
      b.     Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang hampir sama. Seperti: investasi                untuk Alfamart sebasar 300-400 juta. Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.
      c.    Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat                kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.
      d.    Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing                   franchisor.
      e.    Adanya franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka secara tidak langsung akan memberikan                      dampak negatif terhadap perusahaan.
      f.   Timbul kekurangpercayaan dari franchisee terhadap indomaret yang disebabkan franchisee tidak ikut campur




Sumber :
http://manajemen-strategi.blogspot.com/2011/02/strategi-inovasi-untuk-menghindari.html?m=1
https://www.akuntansilengkap.com/manajemen/komponen-faktor-serta-contoh-analisis-swot-dan-penjelasannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

Komentar

  1. Lalu apa saja syarat menjadi francais Indomaret dan berapa minimal modalnya ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALURAN DITRIBUSI INDUSTRI DAN PEMASARAN LOGISTIC

STRATEGI DAN KEBIJAKAN HARGA PASAR INDUSTRI