PENGANTAR PEMASARAN INDUSTRI
a. Pengertian Pemasaran Industri
Pemasaran
industri adalah proses pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemasaran produk dan
jasa yang ditawarkan oleh suatu organisasi bisnis yang meliputi : organisasi
pemerintah maupun swasta. Organisasi tersebut bisa memenuhi keinginan untuk
menghasilkan keuntungan dengan produksi barang dan jasa lainnya. Pemasaran industri,
bersifat dinamis dan terpusat sehingga dalam menjalakannya pun menjadi efektif
dan efisien.
b. Perbedaan Pemasaran Industri dan Pemasaran
Konsumen
Perbedaan
pemasaran industri dan pemasaran konsumen yaitu pemasaran industri adalah
pemasaran yang terkonsentrasi sehingga jalur pendistribusiannya relatif pendek.
Misalnya suatu organisasi membeli produk atau jasa ke organisasi lain untuk
diolah lagi atau untuk pasokan organisasi lainnya.
Sedangkan,
pemasaran konsumen adalah pemesanan yang jangkauannya lebih luas atau langsung dekati individu
sebagai calon konsumennya. Seperti konsumen akhir yaitu semua individu yang langsung
membeli mendapatkan barang yang diinginkannya.
Perbedaan
yang paling utama antara pemsaran industri dan pemasaran konsumen terletak pada
:
1) Struktur Pasar dan Permintaan;
2) sifat unit pembelian; serta
3) tipe dan proses keputusan yang ditetapkan.
c. Ruang Lingkup Pemasaran Industri
Ruang
Lingkup pada pemasaran industri kelompok atau organisasi - organisasi atau
perusahaan, meliputi :
1) sektor swasta;
2) lembaga pendidikan;
3) rumah sakit;
4) distributor;
5) dealer.
Contohnya
produk yang dihasilkan seperti barang dan jasa yang diperoleh dari organisasi
lain untuk memenuhi kebutuhan yang lain, kemudian dilanjutkan dengan pemasaran
konsumen agar produk barang atau jasa lebih bisa di jangkau rumah tangga atau
individu - individu lainnya.
d. Karakteristik Pemasaran Industri
Karakteristik
pemasaran industri yaitu seperti dari pasar dan permintaan. Dimana pasar yang
tercakup dalam lingkungan kecil tapi omzet atau penghasilan yang didapat lebih
besar karena lebih terkonsentrasi (terpusat). Kemudian dari sifat unit
pembelian melibatkan usaha pembelian yang lebih professional. Tipe keputusan
pembeli, penjual dan pemberi berhubungan erat agar kerjasama yang diajukan
lebih berjangka waktu lama.
Sumber :
Krishna
K Havaldar. 2005. Indurstrial Marketing. New Delhi : Tata Mebraw Hill
Komentar
Posting Komentar