PEMASARAN INDUSTRI DAN E-COMMERCE
A. Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah aktivitas
penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan
memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. Secara
sederhana pengertian E-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas transaksi
jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan menggunakan
elektronik yang terhubung dengan internet.
Menurut Loudon
pengertian E-Commerce adalah suatu proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli
dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari
perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara
transaksi bisnis yang dilakukan.
Menurut Jony Wong
Pengertian E-Commerce (Perdagangan Elektronik) adalah pembelian, penjualan, dan
pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik.
Menurut Vermaat
pengertian E-Commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan
elektronik seperti internet. Dengan kata lain, siapapun yang memiliki jaringan
internet dapat berpartisipasi dalam kegiatan E-Commerce.
B. Perubahan
Lingkungan Bisnis
Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat,
umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan faktor-faktor
lingkungan luar perusahaan, baik pada skala nasional, regional maupun global.
Sebagian dari dampak yang mereka timbulkan banyak terbukti telah mempengaruhi
datangnya berbagai kesempatan usaha (business opportunities).
Banyak
perusahaan memiliki sistem organisasi yang baik yang didukung oleh visi, misi
serta business plan yang sudah matang tetapi tidak menjamin perusahaan menjadi
sukses untuk mendapatkan laba. Rata – rata perusahaan tersebut mengalami
penurunan kinerja usahanya karena kesalahan mengartikan skenario bisnis dan
asumsi pengaruh lingkungan luar.
Dalam
prakteknya faktor-faktor ekonomi dan non-ekonomi yang tidak dapat dikendalikan
oleh pimpinan perusahaan sangat luas dan banyak ragamnya. Sehingga hal ini
kadang-kadang membingungkan kita untuk dapat mengamatinya dengan baik. Sehingga
para pebisnis dan dunia usaha berlomba mencari strategi baru agar dapat
bertahan dalam persaingan. Namun pemimpin harus bijak dalam mengambil suatu
keputusan dan harus melakukan kajian terlebih dahulu, apakah keputusan yang
akan diambil dapat menguntungkan perusahaan atau merugikan untuk kedepannya.
Ada
5 langkah dalam menghadapi perubahan
bisnis :
1) Meningkatkan Kualitas SDM
Dengan meningkatkan kualitas SDM,
bisnis yang dijalankan bisa survive dari persaingan yang sangat ketat dengan
cara memberikan pelatihan, pengetahuan tentang teknologi saat ini dan juga
dengan meningkat kualitas diri sendiri sebagai pemimpin di suatu bisnis.
2) Responsif
Cepat tanggap dan responsif terhadap
perubahan yang terjadi dapat dihadapi jika memiliki SDM yang berkualitas.
Ketelitian dalam melihat peluang baru, kecepatan dalam menangani keluhan
konsumen, tanggap terhadap serangan kompetitor membutuhkan strategi yang ampuh
untuk menghadapinya. Jika salah dalam menangani keluhan konsumen, maka konsumen
akan kecewa, dan meninggalkan Anda, kemudian beralih ke kompetitor.
3) Upgrade Teknologi
Karena perkembangan dan pertumbuhan
teknologi yang sangat cepat maka kita harus bisa mengembangkan teknologi yang
mendukung usaha kita dengan cara mengganti teknologi yang lama dengan teknologi
yang baru sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas untuk dapat
bersaing dengan competitor.
4) Meningkatkan Akses Informasi
Informasi merupakan sesuatu yang
penting saat ini. Sehingga kita harus bisa mengembangkan sumber informasi yang
kita dapat bukan hanya dari Televisi, Radio atau surat kabar tetapi juga
melalui Internet, social media untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak
dan juga dengan mengembangkan sumber informasi maka pengetahuan dan wawasan
kita juga ikut bertambah.
5) Evaluasi Pencapaian Target
Jika kita menjalani suatu bisnis
maka diperlukan adanya evaluasi untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnis
yang sudah kita jalani apakah sudah baik atau masih ada kekurangan yang ada di
dalam bisnis kita.
http://anisah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/65736/13_Pemasaran+Industri+Dan+E-Commerce.pdf
http://bbs.binus.ac.id/ibm/2018/04/perubahan-lingkungan-bisnis/
http://bbs.binus.ac.id/ibm/2018/04/perubahan-lingkungan-bisnis/
Thank you for nice information .
BalasHapusVisit :
https://journal.uhamka.ac.id/index.php/rektek/index
Email :
rekayasateknologi@uhamka.ac.id