PERENCANAAN STRATEGI, IMPLEMENTASI DAN PENGAWASAN DALAM PEMASARAN INDUSTRI
A. Tingkatan Strategi
1. Strategi
Korporasi (Corporate Level Strategy)
Tingkat Strategi yang pertama dalam dunia bisnis adalah
Strategi di Tingkat Korporasi atau Corporate Level Strategy, Strategi korporasi
menangani seluruh ruang lingkup strategis perusahaan terutama dalam menentukan
tujuan dan sasaran suatu perusahaan. Strategi ini diperlukan untuk menentukan
bisnis apa yang harus atau ingin dimiliki oleh perusahaan seperti jenis produk
yang akan diproduksi dan dimana produk tersebut harus dipasarkan. Corporate
Level Strategy juga menentukan arah yang akan dituju oleh perusahaan dan peran
setiap unit bisnis dalam perusahaan untuk mencapai arah tersebut.
2. Strategi
Unit Bisnis (Unit Business Level Strategy)
Strategi di Tingkat Unit Bisnis adalah strategi yang
digunakan untuk mencapai tujuan dari setiap unit bisnis seperti unit bisnis
layanan, produk, divisi ataupun anak perusahaan. Strategi ini dijalankan oleh
masing-masing unit bisnis namun harus bersinergi dan mendukung strategi
korporasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan induk. Strategi di Tingkat unit
Bisnis ini sangat penting untuk dilakukan karena dapat melihat unit bisnis mana
yang unggul dan unit bisnis mana yang perlu ditingkatkan lagi.
Memiliki
Strategi di tingkat Unit Bisnis ini memungkinkan perusahaan mempertimbangkan
biaya dan manfaat dari setiap unit bisnis dan memutuskan posisi yang tepat
untuk pengalokasian sumber daya perusahaan bahkan dapat digunakan untuk
memutuskan kapan waktunya untuk melakukan divestasi atau menjual unit bisnis
yang tidak berkontribusi positif sehingga manajemen puncak perusahaan dapat
fokus pada unit bisnis yang paling penting untuk pencapaian strategi korporasi.
3. Strategi
Fungsional (Functional Level Strategy)
Strategi di Tingkat Fungsional adalah strategi yang
dirumuskan secara spesifik pada area fungsional tertentu untuk mendukung
strategi unit bisnis. Area fungsional ini meliputi departemen-departemen yang
terdapat di unit bisnis seperti pemasaran, produksi, keuangan, sumber daya
manusia, IT serta penelitian dan pengembangan. Strategi Fungsional ini biasanya
dihasilkan dan dievaluasi oleh kepala departemen seperti kepala pemasaran,
kepala keuangan, kepala produksi dan operasi. Individu-individu ini dapat
membantu memastikan bahwa departemen menjalankan elemen strategis yang ditetapkan
serta memastikan komponen-komponen di fungsional ini membantu mendukung
strategi di tingkat unit bisnis maupun strategi di tingkat korporasi.
B. Peran Pemasaran Dalam Perencanaan
Strategi
1. Korporasi
(Corporate Marketing)
Peran Pemasaran :Menyediakan
informasi persaingan dan konsumen, menganjurkan orientasi konsumen untuk
pengembangan strategi perusahaan dalam jangka panjang.
2. Unit
Bisnis (Strategic Marketing)
Peran Pemasaran : Menyediakan
analisis pesaing dan konsumen termasuk keunggulan dalam persaingan; membuat
strategi segmentasi, penetapan pasar sasaran dan positioning; mengambil
keputusan lini produk.
3. Fungsional
(Marketing Management)
Mengembangkan dan menerapkan
strategi bauran pemasaran dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis;
koordinasi aktivitas pemasaran; alokasi sumberdaya.
C. Proses Perencanaan Strategi Pada
Tingkatan Unit Bisnis
1. Mendifinisikan misi
2. Pemindaian lingkungan eksternal
3. Analisis lingkungan internal
4. Pengembangan tujuan dan sasaran
5. Perumusan strategi pencapaian tujuan
6. Penyiapan program atau strategi
tindakan
7. Penerapan stratei dan rencana
tindakan
8. Monitoring hasil dan pengambilan
tindakan koreksi
D. Evaluasi dan Pengawasan
Evaluasi
dan pengendalian strategis:
1. Customer relationship management
(CRM)
2. Overview of evaluation activities
3. The strategic marketing
Evaluasi dan pengendalian pemasaran strategis
:
1. Melaksanakan audit pemasaran
strategis.
2. Pemilihan criteria performans,
pengukuran dan metrics
3. Memperoleh dan menganalisis
informasi
4. Penilaian performans dan mengambil
tindakan yang diperlukan
Audit pemasaran strategis :
1. Misi dan Tujuan Perusahaan
2. Komposisi dan strategi bisnis
3. Strategi Marketing (untuk setiap
unit perencanaan)
4. Aktivitas-aktivitas program
pemasaran
5. Implementasidan manajemen
Referensi :
Komentar
Posting Komentar